Investasi Masa Depan

Hal yang paling penting setelah kita membina rumah tangga adalah memiliki sebuah rumah idaman investasi masa depan. Rumah adalah kebutuhan yang paling pokok setelah pangan dan sandang. Boleh saja pada tahun awal pernikahan anda mengontrak sebuah rumah, namun jangan sampai bertahun-tahun hingga kalau ditotal uang kontrakan anda sebenarnya sudah bisa untuk membeli sebuah rumah idaman investasi masa depan.
Jaman sekarang untuk mendapatkan sebuah rumah sangat mudah. Hanya dengan menyerahkan identitas dan bukti penghasilan bulanan anda, itu sudah cukup untuk anda mendapatkan rumah tentu saja dengan cicilan setiap bulan. Jangan ragu-ragu untuk membeli  rumah idaman investasi masa depan anda, karena membeli rumah ibarat menyimpan emas, harganya tak akan pernah turun.
Jika anda sudah mempunyai rumah, maka jangan ragu untuk membeli rumah lagi. Tidak ada salahnya anda mempunyai rumah banyak, toh nanti bisa diwariskan ke anak-anak anda atau dijual atau pun nantinya disewakan atau dikontrakkan atau dibuat kost sehingga rumah tersebut bisa menghasilkan uang sebagai hasil investasi masa depan anda.
Jangan hambur-hamburkan uang anda hanya untuk membeli mobil terbaru, toh mobil yang lama masih fungsional dan mulus, karena nilai mobil akan semakin menurun sehingga mobil tidak direkomendasikan sebagai barang investasi, kecuali kalau anda memang membuat rental mobil atau mobil anda adalah mobil antik yang mempunyai nilai sejarah.
Rumah idaman investasi masa depan anda jangan dibiarkan begitu saja ketika anda sudah memilikinya lebih dari satu,  jangan hanya merawat rumah yang anda tempati sendiri saja. Misalnya anda mempunyai tiga buah rumah idaman investasi masa depan. Dua buah rumah idaman investasi masa depan yang tidak anda tempati sebaiknya dirawat yaitu dengan menengok setiap seminggu sekali dan membersihkannya agar rumah tersebut awet dan mempunyai nilai jual tinggi, tetapi akan lebih bernilai ekonomis kalau rumah idaman investasi masa depan tersebut disewakan kepada sebuah keluarga atau pun dibuat kost untuk pelajar/mahasiswa.
Ketika anda menyewakan rumah idaman investasi idaman kepada sebuah keluarga maka konsekuensinya adalah rumah anda tidak akan terawat, maka jangan segan-segan untuk sering mengunjungi sambil bersilaturahmi kepada penyewa sehingga akan terjalin keakraban dan mereka juga pasti malu jika rumah kita tidak dirawat, kalau perlu jika mereka keberatan terhadap biaya perawatan maka mereka diajak musyawarah untuk biaya, jika memang harus ditanggung bersama sesuai kesepakatan.
Jika rumah anda ditempati oleh sekelompok terpelajar misalnya mahasiswa maka sebelum mereka menempati maka buatlah kesepakatan demi terjaganya harta kita yaitu rumah idaman investasi masa depan, misalnya dengan dibuat peraturan: jika ada genteng bocor maka anak kos wajib lapor, lebih baik jika mereka membetulkan sendiri, dibuat jadwal piket untuk anak kos, artinya yang mendapat piket harus membersihkan halaman dan kamar mandi. Imbal baliknya kita sebagai pemilik kos harus memberikan support yaitu dengan memberikan makanan untuk mereka walaupun kadang-kadang, undang mereka ke rumah kita untuk makan bersama,ajak mereka berdiskusi tentang hal-hal yang meningkatkan keakraban, jadi mereka merasa menjadi bagian keluarga kita, jadi kita tak segan untuk memberi peringatan kepada mereka dan mereka pun tak sakit hati kepada kita. Akhirnya keuntungan kembali kepada kita karena rumah idaman investasi masa depan kita akan terawat.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar